Jumat, 27 Februari 2015

Inilah Keindahan Lampion Takbiran

Keindahan Lampion Takbiran

Lampion takbiran
adalah sebuah lampu yang memiliki  desain yang uni, dan untuk lampion takbiran sendiri biasanya di desain menggunakan desain seperti lafal allah, masjid atau ketupat, jenis - jenis lampion tersebut berhubungan dengan lebaran. Seperti di ketahui, jika takbiran merupakan suatu even di mana menuju hari raya lebaran atau idul fitri.

Para pengrajin lampion, mulai membuat ide - ide baru untuk membuat sebuah lampu lampion yang unik, dan indah. Para pengrajin lampion, juga sudah menyiapkan stok yang banyak untuk membuat sebuah lampu lampion untuk takbiran. Lampu – lampu lampion tersebut akan membuat suasana takbiran menjadi lebih terang, hal ini di karenakan berkah dari para pengrajin untuk merayakan lebaran.

Pada, saat ini banyak di temui, para pengrajin lampion yang telah membuat berbagai jenis lampion, khusus untuk takbiran. Biasanya para pengrajin lampion mulai sibuk membuat lampion ketika bulan ramadhan, sebab pada bulan ramadhan pesanan mereka mulai banyak dan terkadang membuat mereka kewalahan.

Lampion takbiran memang sangat di butuhkan untuk menyambut hari raya idul fitri, agar semakin meriah. Tanpa adanya lampu lampion yang menerangi malam takbiran, maka takbiran kurang menjadi lebih indah. Perlu di ketahui proses pembuatan lampu lampion takbiran, memang cukup sulit dan di butuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini di karenakan, membuat desain lampion yang berhubungan dengan lebaran seperti lafal allah, masjid dan ka’bah ternyata cukup sulit dari lampion – lampion yang biasa di buat.


Bahan baku utama untuk membuat sebuah lampu lampion takbiran yaitu:
• Gabus
• Lem
• Kertas minyak
• Lampu
• Benang
• Pensil

Bahan - bahan tersebut sangat di butuhkan untuk membuat sebuah lampu lampion khusus untuk malam takbiran, selain itu dalam pembuatan sebuah lampu lampion takbiran memang sangat sulit , Sifat gabus yang mudah patah membuat proses produksi lampion relatif sulit. Bila tak cermat, hasilnya kasar, apalagi untuk motif ukir-ukiran. Tidak setiap orang dapat  membuat lampion.

Perlu di ingat Lampion  yang menggunakan bahan gabus adalah lampion generasi kedua. Awalnya perajin membuat lampion dari kertas minyak. Sebagai penerang,  dan mereka menggunakan lilin. Menggunakan kertas minyak, variasi warna dan bentuknya menjadi terbatas. Hanya ada warga putih, hijau, kuning, dan merah.

Jika memakai gabus, akan bisa digunakan warna apa pun sesuka hati. Menggunakan  lilin pada kertas minyak juga berbahaya dan kurang praktis. Sehingga mulai di pilih bahan gabus untuk membuat sebuah lampu lampionmodel lampion kini  sudah dari gabus, akan tetapi lampion kertas minyak juga masih diminati.

Proses pembuatan: Proses pembuatan diawali  dengan membuat rangka berbahan bambu wulung  dan di sesuaikan dengan  bentuk lampion yang diinginkannya. Setelah itu, pada bagian tengah lampion diberi lubang dari bahan paralon sebagai tempat lilin. kemudian, barulah ditempeli kertas minyak yang mampu ditembus cahaya lilin. Hal ini bertujuan untuk membuat lampion takbiran menjadi semakin lenih indah.

Perlu di ketahui, sebelum ada lampion. Dahulu, orang – orang yang akan merayakan lebaran menggunakan obor untuk berkeliling melakukan takbiran, akan tetapi saat ini mereka lebih memilih lampu lapion. Selain modelnya yang menarik,  lampu lampion juga mampu membuat mata terpukau melihat keindahan yang di miliki oleh lampu lampion takbiran yang sangat indah. Dengan demikian, kini mereka lebih memilih lampu lampion takbiran yang lebih praktis.

Untuk anda yang ingin memiliki lampion takbiran ini tanpa harus repot repot membuatnya, maka di sinilah tempat yang paling tepat, karena di sini jual lampion takbiran yang sangat beragam. Bila Anda teratarik dan berminat untuk pesan langsung kontak kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar